Seminar & Workshop Android 2012

Seminar dan Workshop Android dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2012, Bertempat di Auditorium Ukhuwah Islamiyah dan Laboratorium komputer lantai 2 Fakultas Teknik.

Globalisasi membawa angin segar bagi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Inovasi itu melahirkan tren media sosial, gadget, sebagai alat interaksi sosial yang memegang peran penting dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.  Tren gadget di tahun 2012 ini telah menjadi alternatif pilihan media sosial, meskipun komputer dan laptop tetap ada namun smartphone tumbuh subur. Dikutip dari http://music.okezone.com, Abbi Angkasa Perdana, founder juragangadget.com sekaligus Presiden Direktur PT Satusolusi Intermedia Utama mengatakan “Untuk pasar smartphone, Abbi memperkirakan dominasi pasar akan dikuasai handset Android dengan market share 50 persen. Sementara sisanya akan diperebutkan oleh smartphone BlackBerry, iOS Apple, Nokia, dan lainnya,” katanya.

 

Tingkat konsumsi smartphone yang terus meningkat, dipahami oleh Fakultas Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)untuk mengenalkan lebih jauh smartphone android melalui  penyelenggaraan Seminar & Workshop android 2012 dengan tema “Easy and Happy With Andorid”, Senin (9/7). Acara bertempat di Auditorium Ukhuwah Islamiyah dan dilanjutkan dengan workshop di lantai 2 Fakultas Teknik UMP, menghadirkan beberapa pemateri seminar yang kompeten di bidangnya masing-masing, seperti  Mr. Pravesh Kumar Varma (Technical Head NIIT India Wilayah Asia Tenggara) yang menyajikan tema tentang “Lebih Dekat dengan Android-Android untuk Pendidikan” dan Fredy Aji Noor Hadi,S.Kom (Founder Solo Android Community) yang akan mengupas lebih jauh mengenai “Peluang Bisnis Android. Untuk workshop, pembicara yang dihadirkan adalah Dwi Iskandar, S.kom (Founder Komunitas Android Solo), berbicara tentang “Instalasi Android di Emulator”, Fredy Aji Noorhadi, S.Kom (Founder Komunitas Android Solo) mengulas cara “Membuat Aplikasi Flash Android” dan Budhi Hendra Gunawan. S.T (Head Manager Smartfren Purwokerto) yang memaparkan tentang “Produk dan Peluang bisnis Android di dunia industri”.

Android merupakan produk ponsel cerdas yang sistem operasinya berbasis Linux. Dosen Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik UMP, Muhammad Hamka S.T mengatakan android memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya. “Open source, semua orang bisa memakai, dapat dilihat perbandingan antara hp yang menggunakan android dengan yang tidak lebih murah yang menggunakan android, karena kita hanya beli device-nya tidak beli OS nya (Operating System),” kata Hamka kemarin. Masih menurutnya, android memiliki banyak aplikasi gratis seperti aplikasi untuk chating dan drawing. Bahkan untuk pengembangan OS-nya, android telah mengembangkan OS yang bisa membantu tuna netra.  “Banyak hal dari berbagai komunitas android kita bisa sharing,  Berbeda dengan yang berbayar,” tambahnya.

Acara berhasil menarik animo masyarakat, peserta yang hadir hampir mencapai 150 orang dari berbagai kalangan seperti mahasiswaini UMP bisa menjadi “Android Center, memiliki komunitas yang fokus pada pengembangan android, kemudian membuka kelas kursus android. “Pengembangan android dimaksudkan agar kita mampu membuat aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan di device android, membuat Politeknik Pratama, STIMIK BSI, STIMIK Yos Sudarso, dosen dan masyarakat umum pemerhati smartphone android. Hamka berharap melalui seminar aplikasi mobile learning bagaimana pembelajaran dapat dilakukan melalui device android,” jelasnya.  Pemahaman Hamka ini didasari konsep efisiensi dan efektifitas kebutuhan masyarakat akan media sosial. “Sekarang itu jamannya era mobile, era dimana orang ingin melakukan sesuatu dari manapun. Mereka berharap dengan perangkat yang mereka punya bisa  melakukan semua pekerjaan dimanapun dia berada. Android hadir sebagai salah satu varian pemenuhan kebutuhan itu,” tuturnya.

Contact Us

Program Studi Teknik Informatika

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran, Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 63424

Fax  : (0281) 637239