Diskusi Hangat Prodi TI UMP dengan Divisi Education Microsoft Indonesia

 

Bertepatan dengan awal semester genap tahun ajaran 2014/2015 beberapa dosen Program Studi Teknik Informatika UMP berkunjung ke kantor Microsoft Indonesia di Jl. Jend. Sudirman Kav.52-53, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Walaupun dengan adanya berita di media elektronik terkait bencana banjir yang melanda Ibu Kota, tak menyurutkan niat untuk melaksanakan kunjungan ke Microsoft Indonesia. Acara tersebut dalam rangka diskusi untuk menggali informasi yang lebih dalam mengenai program education yang di miliki oleh Microsoft yaitu Microsoft IT (Information Technology) Academy, dengan harapan mendapatkan informasi yang detail dan jelas mengenai program yang dimiliki Microsoft tersebut sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menjalin kerjasama dikemudian hari antara Program Studi Teknik Informatika UMP dengan Microsoft Indonesia.

Ibu Luci Sajat selaku Education Division Microsoft Indonesia menjelaskan beberapa hal secara detail terkait Microsot IT Academy, antara lain adalah terkait certification and career path yang disediakan oleh Microsoft yaitu ada sertifikasi untuk MOS (Microsoft Office Specialist) Master, kemudian ada sertifikasi untuk keahlian di bidang server dan database yaitu MCSE (Microsoft Certified Solutions Expert), yang dibagi dalam beberapa sertifikasi, diantaranya MCSE Desktop Infrastructure, MCSE Server Inftrastucture, MCSE Private Cloud, MCSE Data Platform, dan MCSE Business Intelligence. Kemudian keahlian dalam bidang Development, Microsoft juga menyediakan sertifikasinya, yaitu MSCD (Microsoft Certified Solutions Developers), yang dibagi dalam 3 sertifikasi yaitu MCSD Windows Store Apps-C#, MCSD Windows Store Apps-HTML5, dan MCSD Web Apps. Selain penjelasan terkait sertifikasi, Ibu Luci Sajat juga menjelaskan terkait materi course dan ujian kompetensinya, untuk materi course dapat di sajikan dalam bentuk e-learning, kemudian ujian kompetensi dilakukan secara online dan untuk tempat uji kompetensi dapat dilaksankan di Prodi. Teknik Informatika UMP.

Selain berdiskusi mengenai Microsoft IT Academy, karena bertepatan dengan rencana agenda Fakultas Teknik UMP yang akan mengadakan event “The 1st CEAS-UMP 2015 (The 1st Conference on Engineering and Applied Science – University of Muhammadiyah Purwokerto 2015) maka di sempatkan untuk penyampaian terkait kerjasama sponsorship serta pembicara pada event tersebut, dengan harapan kerjasama antara Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan Microsoft Indonesia semakin terjalin dengan baik.

Contact Us

Program Studi Teknik Informatika

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran, Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 63424

Fax  : (0281) 637239