TI-UMP : MA Muhammmadiyah Plompong Kunjungi Informatika UMP


Senin, 17 April 2017 . Rombongan Madrasah Aliyah Muhammadiyah (MAM) Plompong Brebes sampai di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) untuk melakukan kunjungan Industri di Prodi Teknik Informatika UMP . Acara yang diadakan di Aula Fakultas Teknik lt.5 ini diikuti oleh Dosen Prodi Teknik Informatika, para Guru MA Muhammadiyah Plompong dan para siswa yang masih dibangku kelas 10. Acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Wakil Dekan I Fakultas Teknik UMP, Hindayati Mustafidah, S.Si,M.Kom. Hindayati menjelaskan bahwa Teknik Informatika adalah Prodi baru yang mulai berdiri tahun 2007. Terlepas dari nama anak “bungsu” Fakultas Teknik telah berkontribusi dengan melahirkan kurang lebih 400 lulusan yang telah bekerja baik di instansi dinas, perbankan maupun bidang IT lainnya. Perwakilan pihak MAM Plompong yang diwakili oleh Kepala Madrasah sendiri, Drs. Tohirin,M.Pd.I yang juga merupakan Alumni UMP yang pada waktu itu masih bernama IKIP kagum dengan perkembangan yang pesat yang dialami oleh UMP. Beliau menambahkan bahwa tujuan diadakannya Kunjungan Industri (KI) ke UMP ini adalah untuk Melihat secara langsung penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sekaligus bagi masukan bagi para peserta didik yang mengikuti kegiatan ini. “Meskipun sekolah kami jauh dari jalan raya dan agak masuk , tetapi Alhamdulillah sekolah kami sudah meraih akreditasi A”, ungkap Tohirin.


 

 

Sesi pengenalan prodi yang dalam ini adalah Prodi Teknik Informatika dibawakan langsung oleh Kaprodi TI-UMP, Harjono,S.T.,M.Eng. dimulai dengan pengenalan Prodi secara umum seperti fasilitas ruang kuliah dan laboratorium. TI-UMP sendiri memiliki 6 Laboratorium yakni : Lab Pemrograman Dasar, Lab Multimedia & Grafis, Lab Hardware, Lab Sistem Cerdas, Lab RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) dan Lab Cisco. Selain adanya fasilitas Lab yang ada, TI-Ump juga sudah menjalin kerjasama dengan Microsoft melalui Microsoft Imagine Academy (MIA) yang mendukung penuh penggunaan Aplikasi untuk Digital skills, curriculum & certification agar lulusan dapat bersaing dalam dunia digital di era globalisasi ini. Tak hanya MIA, TI-UMP yang sudah mendapatkan Akreditasi “B” melalui SK BAN-PT No. 0178/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017 ini juga menjalin kerjasama dengan CISCO yang merupakan “Pionir" dalam jaringan komputer dimana melalui CISCO Academy, mahasiswa dapat mencari materi secara penuh yang tidak hanya berbasis text tetapi juga materi yang interaktif dalam bentuk video.

 



 

Menyambung penerapan TIK, UMP sudah menerapkan TIK di berbagai aspek pembelajaran, keuangan dan sistem informasinya. Tengok SIMADCO sebagai Sistem Informasi Akademik untuk mengatur data-data mahasiswa universitas, lalu ada KRS-Online bagi mahasiswa untuk registrasi semester, transkrip nilai dan aktivitas akademik khususnya bagi informasi mahasiswa. Lalu ada WebMail, Skripsi Online, Wisuda Online bagi para calon wisudawan/wisudawati dan Tracer Study bagi para Alumni UMP. Kesemuanya itu juga membutuhkan Hardware yang mumpuni agar sistem-sistem tersebut dapat berjalan dengan lancar. Saat sesi inilah beberapa siswa yang antusias melontarkan pertanyaan terkait dengan dunia teknologi informasi dan universitas muhamadiyah purwokerto itu sendiri. Selepas pengenalan prodi TI-UMP, Rombongan MAM Plompong diarahkan untuk berkeliling melihat Laboratorium yang ada di Prodi TI-UMP yang ada di lantai 4 gedung Fakultas Teknik. Kegiatan kunjungan kemudian ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari pihak MAM Plompong Brebes dan foto bersama siswa yang semakin meningkatkan keakraban antar kedua belah pihak. (Afif)





Contact Us

Program Studi Teknik Informatika

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran, Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 63424

Fax  : (0281) 637239