JOB SEEKING TRAINING RAMAIKAN TEKNIK UMP

Sabtu, 29 Oktober 2016, hari ini bertempat di Aula Fakultas Teknik lt.5 Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Setelah sempat “vakum” selama 3 tahun akhirnya Job Seeking Training kembali digelar. Job Seeking Training tahun 2016 kali ini diramaikan oleh mahasiswa semester 7 Fakultas Teknik UMP dan Alumni Fakultas Teknik termasuk yang baru saja melangsungkan wisuda pada September akhir kemarin.

 

 

 

Acara ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudara M.Iman Ibadi dari Prodi Teknik Informatika UMP semester 7, lalu dilanjutkansambutan Ketua Panitia Job Seeking Training 2016, Feri Wibowo,S.Kom,M.Cs. Tak lupa Ketua Harian IKA(Ikatan Alumni) Fakultas Tenik UMP, Imam Tri Wibowo,S.T dan Kaprodi Teknik Kimia, Haryanto,S.T.,M.T.,Ph.D juga turut memberikan sambutan dalam pembukaan acara ini. 

 

 

Narasumber yang meramaikan acara Job Seeking Training ini kesemuanya adalah Alumni Fakultas teknik UMP yang sudah bekerja dan meraih “Prestige” di dunia kerja, yang antara lain adalah Muhammad Komar, S.Kom , Alumni Prodi Teknik Informatika UMP yang sudah bekerja di PT. UPWARDS Technology sebagai Fronted-Programmer khusus Wordpress & DRUPAL Development , Shinta Andromeda, S.T  dari Prodi Teknik Kimia UMP yang saat ini sudah menjadi Divisi Bidang Narkoba Forensik POLDA Jateng dan Umar Burhanudin,S.T sebagai Alumni Prodi Teknik Elektro yang sudah bekerja di PT. BUMI REDJO,Banjarnegara sekaligus pemilik Catering di Kabupaten Purbalingga.

 

 

Narasumber yang pertama yakni Umar Burhanudin menjelaskan bahwa dalam dunia kerja, improvisasi menjadi hal yang penting dan perlu diasah mulai dari sekarang agar dalam dunia kerja, seseorang dapat beradaptasi dengan lingkungan kerjanya dan harus mengetahui dan memahami kompetensi-kompetensi dasar dalam bidang kerjanya. Misalnya seseorang tersebut harus bisa menggunakan AutoCAD dan software 2D/3D modelling, tekstur jalan, tanah dan hal trivial lainnya, tukas Umar. Bersambung pada Shinta Andromeda yang sudah mengabdi sekitar 14 tahun di dunia kepolisian forensik, dalam dunia Forensik Kepolisian, banyak alat forensik yang harus dikuasai, siap untuk melakukan pelatihan di setiap tahun atau bahkan pada setiap bulannya. Terlepas dari itu, semua bidang forensik juga harus dikuasai seperti Bidang Balistik dan Metalurgi (bahan peledak), Bidang Dokumen Uang Palsu dan Produk Cetak Forensik, Kimia Biologi sampai Narkoba Forensik. Apabila kerja kita baik, maka 1 pertanyaan yang akan dilontarkan atasan/superviser kepada kita adalah ... “Dulu kuliah dimana? atau Alumni mana?” , pertanyaan seperti itulah yang pernah ditanyakan kepada Shinta, dan dengan tegas Shinta menjawab bahwa dirinya berasal dari Teknik Kimia UMP. Akhirnya Narasumber kita yang ketiga “curhat” mengenai pengalaman kerjanya yang berawal dari Kreatif IT yang masih kecil lalu kemudian2 bulan bekerja kemudian “keluar” dan memasuki dunia kerja yang lebih luas di UPWARDS Technology, sebuah perusahaan dibidang Strategic Web Development dan Konsultan IT sebagai Front–end, Wordpress dan Drupal Developer. Ia juga menjelaskan bahwa Seorang Programmer harus bisa mebuat Pretty Code (coding yang cantik & rapi), Optimized Code (memaksimalkan coding yang dibuat), List of Task (Terstruktur) dan mengetahui kemampuan diri yang dimiliki. Ketiga Narasumber tadi juga memberikan saran bahwa pekerjaan haruslah dinikmati, jika suka nyamanlah pekerjaan tersebut. Relasi keluarga & Komunitas juga harus terjaga dan Kemampuan Interpersonal antar karakter orang yang juga harus dipahami agar dapat membina keakraban dan solidaritas antara satu dengan yang lain.

 

 

Sungguh ini merupakan kebanggaan kita sebagai civitas akademika Universitas Muhammadiyah Purwokerto karena memiliki Alumni seperti mereka di masyarakat luas dan sebagai pembelajaran untuk berbenah diri dan melakukan sesuatu yang terbaik di setiap lini kehidupan.

Contact Us

Program Studi Teknik Informatika

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran, Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 63424

Fax  : (0281) 637239