TEKNIK INFORMATIKA UMP VISITASI BULAN INI

Rabu, 19 Oktober 2016 yang bertepatan dengan tanggal 18 Muharram 1438H , Asessor BAN-PT kembali melakukan visitasi di lingkungan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Purwokerto khususnya Prodi Teknik Informatika .Pada kesempatan ini tim Asesor adalah Prof. Dr. Muhamad Zarlis dari Universitas Sumatera Utara (USU) dan Prof. Dr. –Ing. Adang Suhendra, M.Sc. dari Universitas Gunadarma.

 

Acara ini dibuka dengan pertemuan pihak Asesor BAN-PT dengan pimpinan Universitas yang  kali ini dihadiri oleh Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, M.H. , Anjar Nugroho, A.Ag.,M.Si selaku WR1 dan Ir. Aman Suyadi, M.P. selaku WR3 dilanjutkan dengan kunjungan ke prodi Teknik Informatika UMP. Selepas solat dzuhur, Tim Asesor kemudian melakukan diskusi hangat dengan Dekan F. Teknik lalu tinjauan ke fasilitas yang ada di prodi seperti Laboratorium RPL, Sistem Cerdas, CISCO, Pemrograman Dasar, Aplikasi dan Hardware serta Perpustakaan Prodi yang berada di lt. 5 Fakultas Teknik UMP. Tak lupa juga, Tim juga melakukan dialog dengan para Alumni Prodi Teknik Informatika UMP berkenaan dengan ilmu yang dipelajari dan implementasinya di dunia kerja yang meraka sedang tekuni saat ini dan Stakeholder. Karena dengan Alumni kita yang baik dan berkompeten maka para Stakeholder akan puas dan mengapresiasi staff atau pegawainya yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

 

 

Pengertian akreditasi dalam dunia pendidikan tinggi adalah pengakuan atas suatu lembaga pendidikan yang menjamin standar minimal sehingga lulusannya memenuhi kualifikasi untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi atau memasuki pendidikan spesialisasi, atau untuk dapat menjalankan praktek profesinya (to recognize an educational institution as maintaining standards that qualify the graduates for admission to higher or more specialized institutions or for professional practice). Ciri akreditasi oleh BAN PT adalah penilaian yang dilakukan oleh pakar sejawat dari luar institusi terkait (external peer reviewer) dan dilakukan secara voluntir bagi perguruan tinggi yang menyelenggarakan suatu program studi. Kegiatan ini diawali dengan melakukan kegiatan evaluasi diri (self evaluation) terhadap komponen dari masukan, proses, dan produk perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi tersebut dan mengirimkan laporannya ke lembaga asesor. Adapun kriteria penilaian untuk akreditasi program studi terdiri atas: 1) Identitas, 2) Izin penyelenggaraan program studi, 3) Kesesuaian penyelenggaraan program studi dengan peraturan perundang-undangan, 4) Relevansi penyelenggaraan program studi, 5) Sarana dan prasarana, 6) Efisiensi penyelenggaraan program studi, 6) Produktivitas program studi, 7) Mutu lulusan, (duniadosen) .

 

 

Kriteria yang banyak tersebut merupakan tanggung jawab yang besar yang dipikul oleh UMP dan semua elemen di dalamnya baik Dosen, Karyawan , Alumni dan bahkan Petugas Kebersihan sekalipun agar masyarakat pada umumnya dengan senang hati akan menitipkan putra-putrinya untuk menempuh jenjang pendidikan di UMP.

 

Akhir kata, mari kita optimis dan berdoa sehingga prodi Teknik Informatika UMP dapat mengukuhkan Akreditasi BAN-PT dengan nilai B . Hal ini patut kita sikapi positif  bahwa Akreditasi bukanlah hal yang ditakuti melainkan patut kita syukuri karena dengan adanya akreditasi suatu Prodi akan “tahu” mana yang perlu di improvisasi dan ditingkatkan kualitas & kelayakannya karena yang akan menikmati nilai akreditasi yang baik bukanlah Dosen atau karyawan UMP saja, tetapi juga mahasiwa yang sedang menempuh jenjang S1 nya di UMP yang akan bangga dengan program studi yang dipilihnya, serta alumni yang sekarang sedang berada di luar UMP sebagai wujud “testimoni” yang nyata bahwa UMP semakin berperan penting dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

Contact Us

Program Studi Teknik Informatika

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran, Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 63424

Fax  : (0281) 637239